Salah satu kelebihan di dalam versi baru ERDAS ini ialah ekstensi / modul ATCOR (2 dan 3) yang bisa digunakan untuk mereduksi kabut, koreksi pengaruh atmosfer dan pengaruh topografi (terutama ATCOR3). Beberapa software yang sudah memiliki modul ATCOR ini ialah PCI dan ENVI.
 Haze Correction
Modul Haze Correction menjadi pilihan yang lebih disarankan daripada menggunakan tool Haze Reduction karena nilai digital yang akan dirubah hanya pada daerah yang berkabut. Pemilihan area yang baerkabut ini secara otomatis dibaca oleh ERDAS, bahkan kita bisa melihat output file daerah yang berkabut tersebut.


Citra satelit Landsat TNGP sebelum (kanan) dan setelah (kiri) ATCOR3.
 Seperti inilah ilustrasi ATCOR3 bekerja (http://www.satimagingcorp.com/).

Beberapa hari lalu, Saya telah mencoba ATCOR3 yang terdapat di dalam ERDAS 2011, dan saya menuliskannya menjadi sekitar 9 halaman. Paper yang Saya buat tersebut dapat didownload disini.
Untuk ekstensi ATCOR, bisa digunakan utnuk ERDAS 2011, ERDAS 2010, dan ERDAS 9.3, yang bsia didapatkan di sini.


Semoga bermanfaat J
Keep sharing and positive thinking..

Salam
arif

20 Komentar

  1. udah aku donlot tapi ndak punya erdas 2011, :((

    BalasHapus
  2. ada dong..
    akses aja disini mut :
    http://www.hotfilesearch.com/erdas-2011-crack.html
    lumayan, buat belajar2..

    BalasHapus
  3. wuih, gede juga filenya.. memory laptop gw gak muat ternyata, hehe
    btw, thanks linknya..

    BalasHapus
  4. hahaha, yoi.
    ntar kl gw k kampus, gw copy ke lab sdaf aja..
    cm instalnya agak susah. gw aja masih belajar ini

    BalasHapus
  5. mas koq gak muncul di toolbox icon-nya? padahal udah sukses install-nya

    BalasHapus
  6. Sebagai infromasi tambahan :
    ERDAS IMAGINE 2012 keluar sekitar bulan Juni 2012.
    Kami, Almega Geosystems sebagai distributor INTERGRAPH dan ERDAS di Indonesia.

    Bila dibutuhkan, kami siap membantu.

    Salam
    Badruszaman

    BalasHapus
  7. gan boleh nanya gak??
    kalo kita lihat pada citra sebelum ATCOR 3.,.,ada sebagian daerah yang merupakan bayangan bukit (warna hitam) terutama diatas puncak gunung, menjadi berwarna lebih cerah atau bahkan berbeda warna dengan daerah sekitarnya (biasanya pada saat klasifikasi bisa masuk shrub bahkan cropland).,. apakah sudah sempat di cek bahwa daerah tersebut memang tidak bervegetasi rapat seperti daerah sekitarnya??mungkin bisa dilihat dari nilai spectralnya, apakah sudah mirip dgn dareha sekitarnya?karena anggapan saya daerah tersebut masih sama dgn daerah sekitarnya.


    Thanks gan,
    ^_^

    BalasHapus
  8. pak Badruszaman
    > oke pak, dan terimakasih sudah dihubungi kemarin.. :)

    Juragan anonim :D
    > iya, mostly memang spt itu. Kebetulan saya ambil contoh yang ini di TN Gunung Gede Pangrango, jadi lumayan tau apakah itu efek dari hill shade atau memang benar-benar bervegetasi kurang rapat.
    Better memang mesti ground truth atau singkronisasi dengan google earth jg bakal helpful..

    BalasHapus
  9. Ternyata tetep "This file exceeds the max. filesize which can be downloaded by free users. If you still want to download this file, we advise you to buy a premium product."
    Ada solusi lain?

    BalasHapus
  10. karena SOPA dan PIPA, file-file seperti ini jadi sulit didapatkan lagi. Dulu saya mendapatkan premiumnya dari beberapa forum lokal, tapi sekarang sudah hangus.. hehe
    mungkin masih bisa didapatkan dari forum-forum lokal yang berbagi premium nya, atau seperti advise di atas :)

    BalasHapus
  11. siang mas arif, mau nanya nih?
    saya pake erdas 2010, dari langkah awal sampei sun position calculator oke tapi masih bingung pas ngisi Time of day(UTC), Long(deg) , lat(deg). data yang mana diisikan dr metadata. satu lagi mas pas klik estimate malah error ATCORnya waktu set visibility. tolong pencerahannya mas!

    BalasHapus
  12. Mas Irwan KUrniawan,
    1. untuk Time of day > [contoh metadata dari USGS] pilih yang "SCENE_CENTER_SCAN_TIME", tepat di bawah "ACQUISITION_DATE"
    2. Untuk lat/lon > pilih saja salah satunya [UL,UR, LL / LR] , atau jika citra sudah dipotong terlebih dahulu, pilih salah satu sudut terluarnya
    3. Ini "estimate" saat tahap apa ya mas Irwan? Saya lupa.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas arif. Saya terkendala hal yg sama dengan mas irwan. Estimate di sini error nya ketika di atmospheric swlection nya mas

      Hapus
  13. tolong beri pencerahan untuk atcor 2 Bang,.,
    terima kasih

    BalasHapus
  14. Putra, ATCOR2 is atmospheric correction and haze removal software used to correct changes in the spectral reflectance of materials on the earth's surface. ATCOR2, used for atmospheric correction in images of relatively FLAT terrain, allows you to take advantage of the wealth of satellite imagery. I guess it does not necessary elevation data.

    BalasHapus
  15. salam mas arif,
    maaf mau nanya, kebetulan saya masih baru juga dibidang ini. Jadi saya kebetulan proses data citra landsat dengan daerah jabar dgn path/row 122/65. Dari wilayah ini saya cb download data aster GDEM 30 m dan didapat utk mencover daerah tsb diperlukan 3 scene data aster GDEM 30m. Nah itu kira bagaimana ?? apa lebih baik saya potong lagi daerahnya lebih kecil dulu baru diproses?? terima kasih

    BalasHapus
  16. Hai Aristomo,
    Untuk aster gdem, data ini bisa di mosaic terlebih dahulu, baru di sesuaikan dengan lokasi studi yang berada di landsat terkait.

    Salam,

    BalasHapus
  17. salam,,modul atcor2 ada mas?

    BalasHapus