upload peta ke GPS


            Untuk keperluan survey lapang, pasti diperlukan peta survey (kayaknya sii..) yang biasanya harus kita print dengan kertas berukuran A3 (atau dengan A4 walaupun sedikit memaksa) dan disertai dengan beberapa alat navigasi seperti kompas, penggaris hingga busur, bahkan jaman sekarang terlihat kuno jika tidak membawa GPS. Waktu masih kuliah, survey membawa GPS lebih banyak untuk gaya-gayaan, (hahahaa, bodohh dan nyaris hanya bisa membaca titik koordinat dan menyimpannya, sebab membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa mengetahui posisi saya berdiri di atas lembar peta survey yang dibawa (kadang-kadang juga ga ada).
          Nah, setelah berstatus keluar dari kampus yang menyesatkan itu (piss ah..), saya mendapatkan pengalaman baru tentang cara memasukkan peta survey kita yang biasa kita print di kertas (sampai dianggap benda suci karena kita terus melindunginya dari panas, hujan dan gangguan lain yang bisa mengancam keutuhannya).
           Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar hal ini terlaksana, yaitu:
1.      Ada GPSnya (hahahaa, pasti lah!). biasanya saya menggunakan GPS Garmin 76 CS/CSX. Mungkin juga   bisa untuk Garmin 60/60CSX, Garmin Oregon,dkk, asal dilengkapi dengan kabel datanya dan harus di hidupin, artinya harus ada batereinya..(sorri agak panjang,, ^.^ ..).
2.      
Sedikitnya diperlukan 4 software : cgsmapper, cpreview, mapedit, dan sendmap20.
           softwarenya bisa di download disini GRATIS kok..
3.       Ada petanya (@%$%(&^%^&%#^*)gubrak!!!, maksud gue dalam bentuk *.shp dan dengan sistem koordinat Geografis..
4.       Ada computer / teptop yang idup..hehehee

Langkah-langkahnya sebagai berikut :
a. Copy file peta (biasanya dalam bentuk ESRI Shape file / *.shp) ke dalam folder tempat menyimpan keempat software yang digunakan.

b.                  Run mapedit20 > Import file


Pilih warna dan bentuk area > next.
Unselect field for label (agar tidak muncul labeling atribut di layar GPS nantinya (biar ga keramean LCD GPSnya) > next

Pastikan semua dalam satuan geografis > next > finish



Jika ingin menambahkan peta jaringan sungai misalnya, kita lakukan import file lagi di layar yang sama.


b. Map Properties 

 
c.       Save map (format mp) : file > save as

d.      Export > Garmin IMG / cgpsmapper.exe


 Setelah kita klik save, maka akan langsung muncul tool box Export to cGPSmapper.exe > Browse file cgpsmapper di foldernya > run

Jika berhasil, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini.


e.      Sendmap20 > Add maps > Seleksi map_nya > Connect (Found GPS) > Upload selected maps to GPS

Jika sudah masuk, biasanya GPS akan secara otomatis berubah ke tampilan Page awal.

Selamat mencoba, semoga berhasil.




29 comments:

Goeshilman

waw,.. langsung dapat informasi dari pakarnya,..

Arif Prasetyo

I'm just beginner... :)

wirama

busett piye yohh!!
kembangkan yg semacam ni!!!

adi_bel

pak...filenya tidak tersedia di ziddu, mohon petunjuk..maklum pak,newbie...:)

Arif Prasetyo

Adi :
ini udah kaya ke dukun, mohon petuntuk. :D
masih ada kok di Ziddu, baru saja saya bisa download..
kl ngga, send me your e-mail. file sizenya cm sekitar 5MB

agus

kalau cara instalnya gmana ya mas,..
maklum baru

Arif Prasetyo

agus : tidak ada yang diinstal, semuanya "portable". Kita tinggal mengirimkan ke memori gps saja setelah proses-proses pembuatan filenya sudah selesai.. :)

jalankakapsatu

mas mo nanya ntar klo ngehapusnya gmn?TQ

Arif Prasetyo

Menghapus data yang sudah ada di gps, bisa langsung dari direktorinya (exploler), atau juga bisa melalui software SendMap20 (erase map in GPS)..

Erick

mas, waktu saya export to cGPSmapper nya kok input data error.
Error E209: ID of map is not an integer value.
mohon bantuannya mas....
pleesaasseeeeee.....

thanks.

Arif Prasetyo

ya, saya juga pernah seperti itu.
pastikan feature yang akan dikonversi menjadi 1 row. bisa dengan cara merge data feature di arcgis, dan type kolom id nya berupa integer.

Fitzas Al-Khawarizmi

klo row nya cuma 1 berarti gak bs dksi atribut ya mas??
Mohon petunjuknya
nuwun

Arif Prasetyo

wah mas,mau di kasih attribute apa?
biasanya aku jadikan 1 feature aja (satu row) berapappun jumlah poligon/line nya. Di-merge dulu mas..

Mhd. Afid Dariadi

terima kasih mas, programnya,,ntar di coba dulu, thaks

Arif Prasetyo

Yoi mas, semoga berhasil ya

All About ANIMALS

Mas, maaf nih softwarenya gak bisa di unduh..
Bisakah kirim ke email saya :

citra.panjaitan@rea.co.id

Terima kasih...

Frederick desmoine

Masbro, tolong donk software nya di kirim ke

fredesmoine@gmail.com

Thanks ya.

AGUS

masbro, tolong kirim software nya ke aimannaufal.mutawakkil.com

AGUS

tolong kirim software nya di aimannaufal.mutawakkil@gmail.com

herman buol

mohon kirim juga mas software nya ke email saya mas, : hermanshutt@gmail.com

fian

perasaan bisa di unduh..
@_@

Arif Prasetyo

iya ni mas fian, kok pd aneh ini yg lain ya..
hahahaha

feggy anzhory

mas aku mau nanyak, kalu sudah masuk petanya GPS, terus kalau untuk mengapusnya gmn ?

Arif Prasetyo

di situ ada kok pilihan erase data from device,.

JADULdotCOM

slm kenal, sy tdk bisa download mohon bisa send ke arie_puslitkoka@yahoo.com
trimkasih'

A Fajar Surahman

Mas Ayam, ko peta yang masuk ke GPS nya bentuk polygon semua? Ga bisa dirubah-rubah ya? Jadi transparan gitu/Garis luarnya aja?

Hikmawan Harsono

trima kasih mas Arif ...salam surveyor...

g jadi

kok ada tulisan error " your ID is not an integer value" solusi nya gmn gan? makasi

wahyu iskandar

mas arif boleh share sofware ke wahyuiskandar1985@gmail.com coz gagal trus downloadnya. tq b4

Poskan Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Visit my beloved country, Indonesia

 

About Me

Foto Saya
Metro, Lampung, Indonesia
 
Some people come into our lives, and quickly go, some stay and leave footprints in our hearts, and we are never the same

Templates by Profile Link Services | website template | article spinner by Blogger Templates