Citra Landsat ETM-7 Striping

Interpretasi citra landsat stripping (perbaikan citra Landsat ETM)
Citra satelit Landsat ETM 7 merupakan citra landsat terbaru dengan resolusi spasial 30mx30m pada band 1,2,3,4,5,7, dan 15mx15m pada band 6 (thermal). Pada tahun 2003 satelit ini mengalami gangguan atau kerusakan yang menyebabkan kerusakan pada sensor optiknya, sehingga menyebabkan sebuah terjadinya sejumlah garis dengan ukuran lebar beberapa piksel kehilangan datanya (DN=0). Untuk malakukan proses interpretasi citra, bisasanya dilakukan dengan 2 cara, yaitus secara manual visual (digitasi pada layar) dan berdasarkan nilai spectral. Untuk melakukan interpretasi citra yang mengalami striping akan lebih baik menggunakan beberapa citra yang sama dalam waktu yang berbeda dan akan lebih baik jika selang waktu hanya beberapa minggu atau bulan.



Hasilya memang tidak sama persis, tapi bisa diusahakan untuk mendekati kontras warna satu sama lain. Sedangkan cara yang ke dua yaitu post processing. Cara ini relative lebih aman daripada cara yang pertama. Awalya kita lakukan interpretasi semua citra landsat yang diperlukan, baik supervised maupun unsupervised, kemudian hasil pengkelasan ulang tersebut baru kita gunakan untuk kombinasi tambalan.
Berikut merupakan sedikit pengalaman cara untuk memperbaiki citra Landsat ETM yang mengalami stripping.



Perbandingan cirta Landsat pada 2 waktu yang berbeda


Untuk melakukan intrepretasi citra secara manual visual, biasa digunakan software ArcView atau ArcGis bisa dilakukan dengan menumpuk layer-layer berupa citra landsat tersebut dengan mengatur background dengan warna trasparan. Sedangkan jika kita dituntut untuk menginterpretasi citra tersebut secara spectral atau berdasarkan nilai digital number, perlu dilakukan proses “penambalan” citra. Biasanya proses-proses ini membutuhkan 1 sampai 4 citra landsat tambahan (terdapat sekitar 7 piksel kearah vertikal / utara yang kehilangan data. Proses penambalan citra bisa dilakukan secara pre processing dan post processing. Proses penambalan secara pre processing akan mengalami beberapa kendala karena sejumlah citra landsat multitemporal tersebut memiliki warna kotras yeng berbeda karena perbedaan waktu dan cuaca dalam perekaman gambar citra. Hal ini bias diatasi dengan menyamakan warna atau kontras tersebut dengan menggunakan modeler dari software Erdas image yaitu Histogram Match.


Untuk melakukan penambalan, digunakan Model Maker dapa Erdas Image.
Input 1 : Data citra landsat striping / SLC-OFF
Input 2 : Data citra yang digunakan untuk menambal
Process : fungsi Conditional > EITHER (untuk mengisi nilai DN yang kosong/ 0 dengan nilai DN yang terdapat pada Input 2/ citra penambal)
Gambar diatas merupakan citra hasil penambalan secara pre processing. Terlihat kontras warna yang berbeda antara citra landsat stipping dengan citra Landsat penambal. Biasanya akan lebih memuaskan juka dilakukan proses perbaikan tersebut secara post processing dengan konsekuensi harus melakukan interpretasi dan klasifikasi terlebih dahulu untuk kedua citra yang bersangkutan dengan jumlah kelas penutupan lahan yang sama dan warna yang sama, lalu baru dilakukan proses penambalan dengan cara atau model yang sama.
lihat juga pada halaman Manipulasi SLC-OFF pada Landsat ETM-7.
Silahkan memilih dan mencoba.

Komentar

  1. bang ayam, tanya dong...penting banget ni..
    nah di atas kan dijelasin ngolah fill stripping menjadi hilang strippingnya..
    nah tanya dong bang, kalau membuat citra yang awalnya tidak ada strpping menjadi ada strippingnya gimana caranya ya bang?

    penelitian saya mau melihat perubahan lahan th.2000 dan 2011, tapi citra th.2000 tdak ada stripping, sedangkan 2011 ada stripping. makanya harus membuat yg th.2000 agar mempunyai stripping juga sperti thun 2011. bagaimana caranya ya bang??
    mhon bantuannya..terimakasih..

    BalasHapus
  2. udah dicari tahun 2011 yang ga strip? maksudnya citra tahun 2011 dengan menggunakan Landsat TM5.
    Kalau emg ga ada citranya, klasifikasi aja dulu untuk kedua tahun itu apa adanya,
    nanh, nanti setelah sama2 selesai, tinggal disamakan posisi no data karenna striping tersebut. Bisa menggunakan model maker di erdas,
    Function : conditional > either
    EITHER [number class no data] IF ( [lc_2011 == number class no data] ) OR [lc_2000] OTHERWISE

    number class no data : nomer kelas no data akibat striping di hasil klasifikasi 2011 punyamu

    BalasHapus
  3. posting gambar bisa gerak-gerak gitu gimana caranya bang? thanks

    BalasHapus

Posting Komentar

Pos populer dari blog ini

upload peta ke GPS

ArcBruTile - Tile Services in ArcGIS Desktop

Surya Kencana dari Papua