Surya Kencana dari Papua


Ketika melakukan pendakian di Taman Nasional Gunung Gede –Pangrango, terasa kurang lengkap jika tidak melewati hamparan padang rumput yang ditumbuhi bunga edelweiss (Anaphalis javanica) di Surya Kencana. Ya, siapa yang tidak ingin menikmati beberapa menit saja waktu untuk berdiam diri di sana hanya untuk sekedar berfoto, merekam video, ataupun hanya diam, dan menikmati dengan mata dan disapu oleh kabut dingin di tempat yang konon menjadi tempat penting saat kerajaan Sunda Padjajaran jaman dulu.

Saat melakukan kunjungan yang jauh dari Surya Kencana tersebut, bahkan Pulau Jawa, yaitu Nabire, Papua, saya menemukan tempat yang nyaris sama dengan Surya Kencana di TNGP, Padang Rumput Ruija. Dari cerita masyarakat setempat, kawasan yang sekarang lebih Nampak sebagai padang pengembalaan untuk satwa herbivora ini merupakan tempat asal mula nenek moyang 4 suku besar yang ada di Papua (nama suku dirahasiakan karena  belum mendapatkan ijin..hehee). Sekitar 200 tahun lalu, di lokasi ini masih terdapat satu rumah besar untuk ditinggali oleh orang asli pulau ini. Pada suatu hari terjadi konflik kepentigan (kaya orang jaman sekarang aja), sehingga terdapat perpecahan yang mengakibatkan sebagian besar dari mereka membuat suku-suku baru sendiri (ternyata kaya gini ya cara bikin suku..ckckckk) sehingga masih ada satu kelompok lagi yang memilih tinggal di rumah tersebut. Mungkin karena masih ada perselisihan dan sebagainya, pada suatu malam, rumah yang tadinya digunakan untuktinggal bersama tersebut dibakar oleh beberapa orang dari kelompok yang sebelumnya memilih keluar dari ikatan dengan rumah tersebut, sehingga sekarang tempat ini menjadi tempat yang dikeramatkan oleh masyarakat kawasan ini.
 
 
 
 

Walaupun pernah menjadi areal HPH, kawasan padang rumput ini yang masuk dalam ekosistem kerangas, masih dikelilingi tegakan hutan yang cukup bagus, walaupun hanya dalam radius ratusan meter. Di tempat ini pula menjadi tempat berkumpul satwa untuk mecari makan, baik herbivore mapun insectivore. Tapi walaupun menjadi tempat keramat, masih ada saja yang meu membakar rumput-rumput di tempat ini dengan tujuan agar rumput muda tumbuh dengan baik sehingga satwa-satwa yang akan diburu akan lebih senang untuk berkumpul di tempat ini, dan akan mempermudah perburuan satwa tentunya. Apapun itu, semoga semua hal tentang kebaikan, baik alam, budaya, dan manusia itu sendiri akan terus berjalan dengan baik.

Komentar

  1. Pengakuan tulus dari: FATIMAH TKI, kerja di Singapura

    Saya mau mengucapkan terima ksih yg tidak terhingga, serta penghargaan & rasa kagum yg setinggi-tingginya kepada MBAH DEWA, saya sudah kerja sebagai TKI selama 5 tahun diMalaysia,dengan gaji lebih kurang 2.5jt/bln,tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,apalagi setiap bulan harus mengirim ortu di jawa, sudah lama saya mengetahui roomnya mbah ini, juga sudah lama mendengar nama besar MBAH,tapi saya termasuk orang yg tidak terlalu percaya dengan hal ghoib, jadi saya pikir ini pasti kerjaan orang iseng yg mau menipu.tetapi kemarin waktu pengeluaran 8924 , saya benar2 tidak percaya & hampir pingsan,angka yg diberi Mbah 8924 ternyata tembus, awalnya saya coba2 menelpon, saya bilang saya terlantar diMalaysia, tidak ada ongkos pulang,terus beliau bantu kasih angka 4478 setelah saya bantu mahar yg dibutuhkan.mulanya saya tdk percaya,mana mungkin angka ini keluar, tapi dengan penuh pengharapan saya pasangin kali 100 lembar, sisa gaji bulan Kemarin, ternyata tembuss….!!!
    dapat BLT 250jt, sekali lagi terima kasih banyak MBAH DEWA, saya sudah kapok kerja jadi TKI, rencana minggu depan mau pulang aja ke sukabumi.buat mbah,saya tidak akan lupa bantuan& budi baik MBAH.
    Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.
    YANG MAU SEPERTI SAYA HUB:MBAH DEWA DI:082 316 555 388
    ATAU KUNJUNGI SITUS DIBAWAH INI

    KLIK=>> BOCORAN TOGEL HARI INI

    Yang punya room salam jackpot...



































    Kesaksian IBU Sri Rahayu Dari sukabumi

    Ingin Berbagi Cerita. dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi
    tapi semenjak saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis
    saya sempat putusasah hampir bunuh diri.tapi untungnya saya buka internet dan menemukan nomor MBAH GEDE
    saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya dikasih solusi
    awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari MBAH GEDE
    alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya
    sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI
    terimah kasih MBAH GEDE,mau seperti saya Hub no.MBAH GEDE di:082 337 115 789
    atau lebih jelasnya klik situs dibawah

    klik=> PESUGIHAN PUTIH TAMPA TUMBAL


































    wassalam

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

upload peta ke GPS

ArcBruTile - Tile Services in ArcGIS Desktop