Manipulasi SLC-OFF pada Landsat ETM-7

             Citra Landsat ETM-7 setelah tahun 2003 mengalami kerusakan pada sensor optiknya, sehingga terdapat data dengan nilai digital number pada setiap pikselnya menjadi 0 (Nol). Pada page Citra Landsat ETM-7 Striping telah dituliskan cara untuk menambal citra landsat tersebut menggunakan Software Erdas Image dengan fasilitas Modeler yang ada di dalam desktopnya.
            Dari USGS (atau NASA, aku lupa..hehehe..) sendiri memiliki software open source yang bisa digunakan untuk mengesekusi hal yang sama (bahkan lebih baik dalam beberapa scene yang sudah aku kerjakan..)

untuk softwarenya bisa di download di sini..
Lalu, untuk tahap-tahapnya, kurang lebih seperti ini..

1. Siapkan citra utama
Citra utama merupakan citra yang akan di tambal. Lebih update tanggal peliputannya lebih bagus, dan akan lebih bagus lagi jika jumlah dan sebaran awannya sedikit, karena pasti akan berdampak bentuk garis-garis pada citra hasil tambalan nanti.
2. Siapkan citra pengisi
Citra yang digunakan untuk menambal pastinya juga harus dalam keadaan yang bagus, sedikit awan, dan usahakan waktu peliputannya tidak terlalu jauh dengan citra utama. Kualitas citra yang sedikit awan biasanya pada bulan kemarau, maret, april-agustus (sepertinya, ga yakin karena sekarang sering terjadi anomali iklim).
intinya ya sebisa mungkin citra yang digunakan ini relevan.
3. Pengaturan awal : Buat folder/directory untuk penyimpanan citra.
Misalnya:
C:\AMNH\GapFill\anchor : untuk menyimpan file citra utama dan sebagai folder menyimpan file citra hasil penambalan.
C:\AMNH\GapFill\fill_scene_1 : untuk menyimpan file citra pengisi.

Jika ingin menambah citra pengisinya untuk waktu yang berbeda, maka harus membuat lagi folder fill_scene_. …. (urutan angka pada baris terakhir digunakan sebagai urutan prioritas pengolahan, bukan urutan waktu pemotretan).

Kemudian double klik file frame_and_fill_ win32.exe untuk membuka program.
  frame_and_fill_ win32 > Click to Continue


Ada 3 pilihan yang harus dilakukan berurutan, yaitu RE-FRAME, GAP FILL SLC-OFF DAN DONE

Tahap pengerjaannya sebagai berikut:
a. Pilih menu RE-FRAME SLC-OFF
Pada number of fill scenes, isi jumlah citra pengisinya. Jika ada 3 waktu pengambilan, maka diisi 3 (atau sama dengan berapa jumlah folder  fill_scene_. .. yang telah dibuat sebelumnya.

Pada “DIRECTORY PATH TO SCENE FOLDERS” isikan lokasi dimana kita menyimpan folder : anchor, fill_scene_1, fill_scene_2, dst tadi.

Kemudian klik submit.
 
  Tunggu hingga proses complete.
 
b. GAP FILL SLC-OFF
Maka akan muncul box seperti dibawah ini :
Setelah itu, kita akan melakukan pengisian gap citra.  Klik menu GAP FILL SLC-OFF, kemudian akan muncul daftar band yang akan diisi gapnya. Jika yang akan diisi untuk band-band tertentu saja, misalnya hanya band 5, 4, dan 3 yang mau di proses, maka cukup dengan cara klik band 5, band 4, dan band 3 lalu submit (bisa menghemat waktu) tapi jika ingin semua langsung saja klik All Bands. ( ditinggal beli bakso, mencuuci baju, menyapu, ngepel, ngelap kaca rumah, bersih-bersih kamar mandi, mandi dan masih harus nunggu sekitar 25 menit lagi.. :D )

c. DONE
Jika proses telah selesai semua, secara otomatis setelah proses berlangsung, file akan bertambah dalam tiap foldernya dengan penamaan citra yang berbeda
. Pola penamaannya adalah sebagai berikut :
Penamaan sebelum di lakukan re-frame (citra awal) :
p124r064_06420090617_B10.TIF

Setelah di reframe :
p124r064_06420090617_B10_reg. TIF

Setelah dilakukan pengisian gap :
p124r064_06420090617_B10_reg_ filled.TIF

Semua file citra hasil pengisian Gap tersimpan di : folder anchor.

Gambar dibawah secara berurutan ialah citra pada kondisi :
p124r064_06420090617_B10.TIF
p124r064_06420090617_B10_reg. TIF
p124r064_06420090617_B10_reg_ filled.TIF



semoga ada manfaatnya.. :)
-arif-

Komentar

  1. kok gak bisa ya? error terus waktu baca direktory tempat kita menyimpan filenya.. ada solusi lain gak?

    BalasHapus
  2. dulu, waktu pertama saya mencoba juga error :)
    coba periksa lokasi dan nama directory file nya,
    C:\AMNH\GapFill\anchor
    C:\AMNH\GapFill\fiil_scene_1
    C:\AMNH\GapFill\fiil_scene_2
    C:\AMNH\GapFill\fiil_scene_3, dst

    BalasHapus
  3. iya mas, udah bisa.. ternyata kemaren file anchor saya di dalam folder sebelum folder anchor(folder anchor>New Folder>Folder map), setelah saya pindah (langsung di dalam folder anchor ==> Folder anchor>folder map)) baru bisa. thx infona, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  4. Bang filenya tidak ditemukan lagi di ziddu. mohon pencerahannya Bang,,

    BalasHapus
  5. Masih bisa kok,
    atau dari sini juga bisa :
    http://ifile.it/5tl6p3b

    BalasHapus
  6. Mas koq ga bisa ya??
    untuk directorynya saya sudah bisa, namun waktu pengisian gap ke masing - masing bandnya itu error.
    di tahap akhir, saya pilih band yang akan di isi kemudian di submit langsung muncul deh errornya (OPENW: Error Opening File, Unit:100, File:E:\La\gapfill_output.txt. Please consult the supplier of the application)
    Ada solusinya ga mas?
    Makasih.

    BalasHapus
  7. Sari : Sebenarnya selain di folder C dalam melakukan proses ini saya juga selalu gagal,
    Coba pindahkan ke urutan seperti yang di atas
    C:\AMNH\GapFill\anchor
    C:\AMNH\GapFill\fill_scene_1
    C:\AMNH\GapFill\fill_scene_2
    dst
    Untuk memilih band yang akan di isi, bisa langsung All Bands, atau pilih dahulu beberapa band dan langsung 1x Submit [tidak Submit berulang-ulang untuk tiap band]

    BalasHapus
  8. Tumpang bertanya ya.saya juga ada masalah ketika memasukkan directory file nya. error.jadi g mana ya?..saya sudah mencoba seperti cadangan diatas.tp masih gagal.mohon pencerahan ya.terima kasih.

    BalasHapus
  9. Nurul : Coba di cek sistem koordinatnya, apakah sudah sama untuk semua band yang digunakan? sometime, landsat data from USGS have different coordinate system, although the same path/row or even in one scene data acquisition

    BalasHapus
  10. maun tanya om....apa default penyimpanannya seperti itu ya??? trus kenapa ketika saya klik submit programnya langsung close?

    BalasHapus
  11. iya, default. hayo mas.. sistem koordinatnya di cek lagi. itu biasanya karena berbeda, sehingga dia langsung tutup.. :)

    BalasHapus
  12. om klo file penutupnya landsat 5 bisa ga?
    saya coba gagal aja di band6?

    BalasHapus
  13. bisa mas, jumlah filenya mesti sama,
    pakai yang band 61 untuk headernya..

    BalasHapus
  14. mas mau tanya, ini program nya harus menggunakan OS windows 7 32 bit ya. saya masih menggunakan windows xp soal nya error terus semua cara yang di jelasin di atas sudah saya lakukan

    BalasHapus
  15. bisa kok om, kurang dari setahun yang lalu, saya melakukan proses ini dengan baik di W7 maupun W xp, untuk 32 bit dan 64 bit..

    BalasHapus
  16. mas..saya menggunakan software ini untuk mengolah citra landsat tahun 2011 dan 2012...hasilnya untuk band 1,2,3,4,5,7 bagus, tapi ketika band 61nya saya buka,kenapa hasilnya hanya berupa potongan sisi pojok kiri atas dari citra tersebut? seperti di crop begitu..mohon bantuannya mas..krna untuk citra tahun 2006 yang saya olah bisa berhasil dengan baik untuk semua band...

    BalasHapus
  17. Ayu, hal yang sama juga saya alami untuk beberapa citra. Coba mensiasatinya dengan merubah susunan citra yang akan diproses, mudah2an bisa berjalan dan menghasilkan file yang normal..

    BalasHapus
  18. Terimakasi atas artikelnya dan ini sangat bermanfaat sekali untuk saya...

    BalasHapus
  19. Terimakasi atas artikelnya dan ini sangat bermanfaat sekali untuk saya...

    BalasHapus
  20. mas...aku mau tanya..klo mau stripping citra landsat di sofware envi 4 bgm ya? cz frame_and_fill_ win32 hnya sampai B10-B70 sdg kan B80 tdk ada,,boleh mnta pencerahanya...makasih

    BalasHapus
  21. wah saya sama dengan mas hendra mas pertanyaannya, bagaimana cara gapfill band 8, saya pernah coba di envi tapi hasilnya ga bagus mas, kontras sekali perbedaannya.

    tolong bisa dishare kalo mas arif berkenan.

    BalasHapus
  22. mas uda aku coba cara yang sama persis dengan tutorialnya, bahkan uda aku save di c, tapi waktu masukin directory mesti gagal. selain dgn software ini gda cara lain tah mas?? tolong bantuannya, butuh bgt buat skripsi :(

    BalasHapus
  23. mas saya sudah bisa sampek "proces instalazing" pas di tengah2 itu tiba2 langsung nutup sendiri, apakah karna pengaruh koordinat juga ? klo iya gmana caranya mengetahui sama atau tidaknya koordinat tiap2 citra,, cara menyamakannya gimna?

    makasih mas, mohon bantuannya

    BalasHapus
  24. Mas, softwarex masih ada ng coz linkx sdh ng mau ke buka, tolong di share lg dong, terima kasih

    BalasHapus
  25. selamat malam mas maaf sedikit mengganggu, penelitian saya menggunakan landsat 7 dan saya sudah menggunakan software gapfill dengan 3 scene landsat dan proses ini berhasil, namun pada saat proses klasifikasi selesai ternyata striping itu muncul kembali mas
    kalo boleh tau itu kenapa dan harus bagaimana ya mas? terimakasih banyak sekali :)

    BalasHapus
  26. Assalamu'alaikum mas...

    kok directorynya gak bsa bsa ya... ak udah cba pndhin datanya tpi ttap gak bsa. itu knpa ya?? mohon bantuannya mas.. terma kasih :)

    Wassalam

    BalasHapus

Posting Komentar