Pos

Menampilkan postingan dari Februari, 2011

Klasifikasi citra dengan ENVI EX, easier!!

Gambar
ENVIEXadalah tambahanterbaru dalam perangkatENVI untuk pengolahancitradanprodukanalisisperangkat lunak.ENVIadalahpilihanilmuwancitradanprofesionaluntukpenggalianinformasiilmiahyang akuratdaricitra.SekarangENVIEXmemberikan, prosesyang akuratsecara ilmiahmembuktikan bahwaENVIdikenaldalamalur kerjalangkah-demi-langkahrevolusioneryangcepatdanmudahmemanduAndamelaluitugaspengolahancitramaju,terlepasdaritingkatpengalamanyang menggunakannya. demonya ada disini kok... ENVIEXmerupakan perangkat yang cukup luar biasa dengantampilandinamisyang memungkinkan untukmelihat dengan cepat hasil daripenginderaan jauh ataupun manipulasigambar,vektor,danpenjelasan.Tampilanyamenyediakanakses cepat keperangkatmenampilkan toolsumum sepertikontras,kecerahan,mempertajam,dantransparansi warna pada citra.Dapatbekerja denganbeberapa lapisandatapada satu waktudandalam satujendela, menggunakanManajerDatadanLayerManageruntukmelacakbeberapadataset,dan"<

Pantai Penyu Hijau terbaik di Indonesia

Gambar
Penyu Hijau (Chelonia mydas) memang berwarna agak hijau pada bagian tubuh, daging, dan lemaknya, sesuai dengan namanya. Saat dewasa biasanya berukuran rata-rata 100 cm, bahkan ada yang hingga mencapai 250 cm. Saat masih kecil atau anakan, jenis ini merupakan karnivora, tapi saat dewasa dia juga memakan ganggang dan daun-daun vegetasi mangrove/pantai.
Pantai Sukamade terletak di Taman Nasional Meru Betiri, Kabupaten Jember – Banyuwangi merupakan tempat pendaratan penyu hijau terbaik di Indonesia versi Saya, di samping panorama alamnya yang juga bisa disebut “privacy beach” serta bagus untuk acara sesi pemotretan “pre wedding”, tapi tidak untuk diving ataupun snorkeling karena keselamatan lebih penting daripada lo pada pusing mending di sini lu bawa dah tu pancing, kita fishing sekalian refreshing.

Jumlah rata-rata pendaratan jenis ini tiap malamnya mencapai belasan bahkan hingga puluhan ekor, mulai dari petang hingga pagi hari. Di sini, setiap malam dilakukan patroli dan pengamatan penyu…

Pulau Buru - Maluku

Gambar
Saat masih kuliah dan mengambil mata kuiliah Metode Penelitian Dan Penulisan Ilmiah, Pulau ini mengikat pikiran Saya untuk menjadikannya sebagai sebuah topik bahasan. Pulau Buru merupakan pulau dengan ekosistem berbatu, berbukit-bukit dengan curah hujan yang tinggi di bagian barat pulau ini (sebenernya ga gue itung, tapi tiap abis jam 12 siang, gue kehujanan terus disana). Luas pulau ini kira-kira 8.500km2 (gue itung pake ArcGis) yang terletak di Maluku bagian tengah, sebelah barat Pulau Seram (sebelah mana lagi ini pulau seram??). ketertarikan kepada pulau ini gara-gara membuka http://www.birdlife.org/datazone/sitefactsheet.php?id=15978. Nothing special maybe, but after open this page, I wanna go there. Pada pertengahan bulan Oktober ada penawaran ekspedisi ke Maluku, dengan dua pilihan, yaitu Pulau Halmahera dan Pulau Buru. Tanpa berpikir panjang dan karena tidak ada yang mau masuk ke pulau yang katanya angker ini, dengan senang hati saya mengambil pilihan ini (hwahahahaa, loncar-lo…

Senja di Tambling Wildlife Nature Conservation - depan kamar saya

Gambar
Muara Blambangan Pantai Belimbing depan kamar 1 depan kamar 2 depan kamar 3
depan kamar 4






ArcGis untuk Pengolahan Citra Digital

ArcGis dapat melakukan pengolahan data dengan baik dalam format vektor maupun raster dengan desktop ArcMapnya.
Pengolahan citra digital dengan menggunakan ArcMap, khususnya untuk keperluan klasifikasi penutupan lahan, mulai dari persiapan data hingga klasifikasi penutupan lahan, baik secara terbimbing (supervised) maupun tidak terbimbing (unsupervised) dapat dilihat di dalam modul yang dapat didownload di sini.

Semoga bermanfaat
Ayam.