Klasifikasi citra dengan ENVI EX, easier!!

               ENVI EX adalah tambahan terbaru dalam perangkat ENVI untuk pengolahan citra dan produk analisis perangkat lunak. ENVI adalah pilihan ilmuwan citra dan profesional untuk penggalian informasi ilmiah yang akurat dari citra. Sekarang ENVI EX memberikan, proses yang akurat secara ilmiah membuktikan bahwa ENVI dikenal dalam alur kerja langkah-demi-langkah revolusioner yang cepat dan mudah memandu Anda melalui tugas pengolahan citra maju, terlepas dari tingkat pengalaman yang menggunakannya.
              ENVI EX merupakan perangkat yang cukup luar biasa dengan tampilan dinamis yang memungkinkan untuk melihat dengan cepat hasil dari penginderaan jauh ataupun manipulasi gambar, vektor, dan penjelasan. Tampilanya menyediakan akses cepat ke perangkat menampilkan tools umum seperti kontras, kecerahan, mempertajam, dan transparansi warna pada citra. Dapat bekerja dengan beberapa lapisan data pada satu waktu dan dalam satu jendela, menggunakan Manajer Data dan Layer Manager untuk melacak beberapa dataset, dan " punch through" layer untuk melihat dan bekerja dengan satu layer atau layer lain di jendela yang sama. Selain itu, ENVI EX bisa melakukan reproject dan resample gambar dan vektor on-the-fly. ENVI EX bekerja mulus dengan layer dan fitur dari ESRI dan memungkinkan Anda untuk membuat presentasi peta profesional.
               Untuk klasifikasi. Anda opsional dapat menerapkan subset ruang atau spektral, dan / atau masker untuk input. Input Klasifikasi membutuhkan minimal dua band. Jenis Iput yang compatible adalah ENVI, TIFF, NITF, JPEG 2000, JPEG, Erdas image, ESRI raster, dan raster geodatabase.


              Klasifikasi terbimbing dan tidak terbimbing bisa dilakukan dengan cepat, mudah dan mulus. Supervised Classification menjadi lebih mudah dengan adanya feature extraction/image segmentation dari ENVI EX. Metode feature extraction pertama kali dikembangkan pada software-software desain grafis untuk "menjiplak" fitur/objek yang terlihat pada gambar, dan saat ini ENVI dan juga IDRISI sudah menerapkan metode ini untuk meng-extract informasi-informasi yang terdapat pada citra satelit. Bahkan ENVI EX telah menggabungkannya (feature extraction) dengan K-nearest neighborhood method untuk melakukan supervised classification secara langsung. Feature extraction sangat membantu dalam pekerjaan klasifikasi LULC menggunakan citra satelit, karena metode ini dapat mengidentifikasi kelas LULC bukan hanya secara pixel-based, namun juga memperhitungkan komponen lain dalam interpretasi, seperti bentuk dan texture dari fitur/objek yang nampak pada citra tersebut. Tingkat ketelitian dan kedetailan dapat diatur sesuai dengan kebutuhan. Data-data lain seperti elevation, slope, ataupun NDVI dapat ditambahkan sebagai data pendukung dalam proses feature extraction tersebut.
Jadi, cari softwarenya, di web ITTVIS, ada trialnya disitu kayaknya..
Yang mau full version nya, silahkan hubungi vendor ENVI. :)
beneran, lebih enak dan cepet, I've tried it..
 Ps : short page untuk proses simplenya ada di halaman ini.

Komentar

  1. iya yam..emang lebih enak dan cepet bahkan untuk amatir kayak gw...hehehe

    BalasHapus
  2. object based classification emang lebih enak untuk bentang lanskap yg cukup "lumayan" jo..

    BalasHapus
  3. punya link cracknya,gak mas?????

    BalasHapus
  4. minta crack ENVI EX mas, ke email sy ya : norman.adji@gmail.com tks mas...

    BalasHapus
  5. agungmalayantapir@gmail.com

    BalasHapus
  6. iken.lapan@gmail.com

    BalasHapus
  7. Mohon bantuannya untuk mendapatkan software envi ex...email iken.lapan@gmail.com

    BalasHapus
  8. Mohon info ENVI EX bawaan dari ENVI 5.0 atau 5.1???

    BalasHapus
  9. dari 5.0 udah ada dia om..
    sebelumnya dia instalasi sendiri

    BalasHapus

Posting Komentar